Sabtu, 25 April 2015

KUPAS TUNTAS ILMU NINJUTSU





Ngomong2 soal Ninjutsu akan selalu terbayang dipikiran kita yang muncul pertama kali adalah Naruto?? XD
eiittts, itu Naruto hanya fiksi. karena bicara Ninjutsu ada 1 hal yang tidak boleh kita lupakan yaitu perseteruan antara Ninja aliran Toga dan Iga (Fuma Kotaro dan Hanzo Hattori)..
dan karena Naruto fiksi, jadi jangan berpikir jika Ninjutsu nyata bisa mengeluarkan Chidori, Rasengan, bahkan Kuchiyose.. wkwkwk
ya udah langsung kita kupas tuntas aja nyoook tentang Seni Ilmu Beladiri Ninjutsu
Ninjutsu atau Ninpo adalah unsur beladiri yang mengutamakan taktik dan strategi dalam sebuah pertempuran.
Nah, untuk ahli Ninjutsu sendiri, di jepang disebut dengan istilah Shinobi bagi pria, dan Kunoichi bagi wanita, atau untuk orang luar jepang sering menyebutnya dengan istilah Ninja.
Konon dalam sejarahnya Ninjutsu sendiri hasil dari senibeladiri yang dibawa dari Daratan Cina ke Jepang pada sekitar abad ke-12, dan di Jepang pula seni beladiri Ninjutsu disempurnakan.
Dan dalam perjalanannya Ninjutsu sudah banyak perubahan dari Seni Beladiri Ninjutsu kuno pada jaman dahulu, hingga Ninjutsu modern pada saat ini.
Variasi2 gerakan dan dasar2nya pun banyak mengalami perubahan.
Dulunya ilmu beladiri Ninjutsu/ Ninpo juga dikenal dengan Koryu (interaksi/ kebatinan), karena memang dalam cerita2 yang tergambar dalam banyak catatan kuno Ninpo jaman dahulu memang lebih menggunakan interaksi dengan indera2 tertentu, yang tentunya sangat berbeda dengan Ninjutsu yang kita kenal saat ini.
Dalam Etimologi, Nin-Jutsu bisa di artikan sebagai Teknik Kerahasiaan. Orang awan sendiri lebih mengira jika Ninjutsu sebagai ilmu menyusup/ ilmu rahasia. akan tetapi para praktisi Ninjutsu menjelaskan bila seni ilmu Ninjutsu adalah ilmu yang berguna agar kita bisa mempunyai ketahanan dalam menghadapi hidup yang keras.
dalam Seni Beladiri Ninjutsu ada 17 ilmu dasar yang harus atau wajib di pelajari, karena bila dapat menguasai semua ke-17 dasar ilmu tersebut Seseorang bahkan bisa disebut sebagai seorang pertapa karena dapat menyatukan jiwa dan siklus alam sekitarnya.
dan berikut ke-17 ilmu2 dasar yang harus dan wajib di pelajari dalam Ninjutsu :



1) Sheishin Tekki Kyoyo
atau Ilmu pemurnian jiwa.
Seorang ninja harus mengetahui dengan tepat komitmen dan motivasi hidupnya. Dengan pemahaman dan penghayatan terhadap proses pematangan seorang ninja bisa menjadi seorang pendekar yang bijak. Keterlibatan ninja dalam pertarungan dimotivasi oleh alasan untuk melindungi. Tidak dibenarkan jika alasannya se-mata2 hanya karena uang..
Kakuzu sudah pasti tidak lolos seleksi tahap ini XD
2) Tai Jutsu
atau ilmu bertarung dengan tangan kosong.
Tai jutsu sendiri dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
▶ Daken Taijutsu
(pukul, tendang, tangkis)
▶Ju Taijutsu (gulat, mencekik,
meloloskan dari kuncian)
▶ Taihen Jutsu (gerak tanpa suara,
berguling, melompat, cara jatuh).
Keterampilan ini di perlukan pada situasi terancam atau bertahan.
Rock Lee dan Maito Gai adalah ahli dibidang ini
3) Ninja Ken
atau ilmu pedang. seorang Ninja juga dituntut tuk bisa menggunakan ilmu pedang. ada 2 jenis bagian dalam Ninja Ken, yaitu ilmu cara menarik pedang dengan cepat dan harus, dan ilmu cara memotong dan menyayat objek dengan cepat dan tepat.
spesialisnya para pemegang 7 pedang dari Kirigakure
4) Bo Jutsu
atau ilmu Tongkat. ada 2 bagian yaitu ilmu cara menguasai tongkat pendek dan ilmu cara menguasai tongkat panjang sekitar 2 meter.
Nah, soal ini tampaknya hanya baru Hiruzen Sarutobi saja yang terlihat ahli menguasainya
5) Shuriken Jutsu
Seorang Ninja wajib bisa menguasai ilmu melempar Shuriken (pisau bermata 4), cara melemparnya dengan cara di puntir. dan melempar Bo Shuriken (Paku pisau).
coba tebak, siapa ahlinya??
Yup.. Tenten, Haku dan Itachi Uchiha adalah ahli dibidang ini
6) Yari Jutsu
atau ilmu menguasai teknik tombak, bertujuan untuk menyerang atau menangkis serangan lawan.
adakah Sobat DNI yang tau siapa ahlinya??
Lagi2 Tenten
7) Naginata Jutsu
Atau ilmu cara menguasai pedang bertongkat, pedang panjang (sekitar 1,5 meter) yang bisa merobohkan lawan yang berada dalam jarak sedang.
Soal pedang, jangan ditanya lagi karena Ninja2 dari Kirigakure adalah ahlinya
8) Kusari Gama
ilmu menguasai jurus rantai dan bandul. berupa rantai sepanjang 2-3 meter yang diberi bandul pada salah satu ujungnya. Pada ujung yang lain dikaitkan pada gagang arit tradisional jepang. Rantai digunakan untuk menangkis serangan senjata
lawan.sedangkan bilah arit
digunakan untuk menghabisi
lawan yang sudah terjerat.
nah, sobat DNI pasti tahu kalo Hanzo Salamander adalah ahli pengguna Kusari Gama
9) Henso Jutsu
Ilmu Menyamar dan Membaur. dan untuk hal ini semua ninja wajib harus bisa menguasainya.
dan Jiraiya adalah ahli dalam ilmu ini.
10) Shinobi Iri
Ilmu Mengintai dan Menyusup. jurus ini adalah nyawa bagi seorang ninja karena inilah arti sebenernya Ninjutsu.
dan dalam hal ini, Jiraiya adalah ahlinya
11) Ba Jutsu
Ilmu bertempur dengan kuda. pada jaman dulu seorang Ninja wajib hukumnya untuk menguasai ilmu ini. tapi karena saat ini jaman modern jadi seorang Ninja wajib bisa bertempur diatas Sepeda Motor wkwkwk XD
12) Sui Ren
Ilmu bertempur dalam air. nah, ini juga termasuk ilmu penting bagi seorang Ninja dan wajib dikuasai seorang Ninja. jadi sobat DNI jangan ngimpi jadi Ninja kalo belum bisa renang
dan ahlinya adalah Kisame Hoshigaki, tapi karena Kisame adalah sejenis ikan yang mempunyai Insan. maka selain Kisame, Tobirama Senju adalah ahlinya.
13) Bo Ryaku
atau ilmu strategi. bagi seorang ninja yang dalam misi untuk menyerang suatu wilayah, ilmu di bidang Bo Ryaku sangat pentinv untuk menghindari pengeluaran tenaga yang banyak dan sia2..
dan sudah pasti Shikaku adalah ahli di bidang ini
14) Cho Ho
atau ilmu Spionase/ Mata2. swmua Ninja wajib menguasainya.
tapi Naruto sendiri sangat payah di bidang ini, dan Kabuto adalah salah satu yang paling menonjol di bidang ini :-!
15) Inton Jutsu
atau teknik meloloskan diri dan menghilang. biasanya Ninja menggunakan bom asap untuk menghilang. dan untuk meloloskan diri dari segala hal yang menyulitkannya seorang Ninja harus menggunakan Kecerdasan intelektualnya.
dalam hal ini nampaknya Minato Namikaze adalah ahlinya.
16) Ten Mon
atau ilmu Meteorologi/ cuaca. sejak kecil seorang ninja sudah dilatih untuk dapat mengendalikan cuaca dan bergerak dalam cuaca apapun.
dan dalam bidang ini, Jiraiya dan Sasuke Uchiha adalah ahlinya
18) Chi Mon
ilmu menguasai Geografis. dalam hal apapun seorang Ninja dituntut harus siap ditugaskan dalam misi di daerah apapun, sehingga pengetahuan tentang ilmu geografi bagi seorang ninja sangatlah penting..
dan lagi2 Jiraiya adalah ahli dibidang ini 
Nah bagaimana Sobat DNI??
sekarang udah tau semua kan dasar2 untuk menjadi seorang Ninja.
tapi tentu saja Ninjutsu Jaman dahulu dan Ninjutsu saat ini sangat berbeda, akan tetapi dasar2 ke-17 ilmu tadi tetaplah ada sejak dulu sampai saat ini..
dan khusus untuk SEGEL TANGAN/ HANDSEAL.. itu hanya ada dalam cerita fiksi, karena kenyataannya tidak pernah di temukan bukti bahwa Ninja2 jaman dahulu menggunakan Jurus dengan Segel tangan.
nah semoga Kupas Tuntas Ninjutsu malam ini bisa menambah wawasan Sobat2 tentang dunia NINJUTSU..





    Sumber : DNI

Tidak ada komentar: